Senin, 07 November 2011

 10 Cara Mengatasi Kelelahan

Apakah Anda sering merasa kehilangan semangat? Inilah sepuluh langkah sederhana untuk mengalahkan rasa lelah yang sering mendera.



  1. Bergeraklah! Gerak badan mengembalikan energi yang telah Anda keluarkan. Aktivitas fisik membuat Anda siaga dan bersemangat.
  2. Cari teman latihan. Penelitian menunjukkan bahwa orang lebih tahan ikut program kebugaran kalau bersama-sama dengan teman.
  3. Jauhkan gula-gula! Memang mengulum permen dapat memberi Anda energi penuh, tapi Anda kemudian akan merasa lebih letih dari sebelumnya.   
  4. Dehidrasi adalah penyebab utama kelelahan, maka dari itu minumlah sedikitnya delapan gelas sehari. Kurangi minum kopi karena minum kopi lebih dari secangkir sehari membuat tubuh kehilangan cairan secara drastis.
  5. Kenalilah jam biologis Anda. Sepanjang hari, tubuh mengikuti ritme alami. Jadi, cocokkanlah aktivitas Anda agar benar-benar efisien. Kewaspadaan mental paling prima saat pagi. Siang hari paling baik untuk mengerjakan tugas-tugas rutin yang membosankan.  
  6. Tidurlah sejenak. Tidur sebentar kurang lebih 20 menit di siang hari saat otak kelelahan dapat menyegarkan semangat seampuh minum secerek kopi. 
  7. Makan beberapa kali dalam porsi kecil lebih baik daripada makan tiga kali dalam porsi besar. Hal ini menghindarkan lonjakan kadar gula darah yang menimbulkan kelelahan.   
  8. Jauhi gula dan lemak karena menyebabkan kantuk. Makanlah sedikit nasi atau roti.   
  9. Bervariasilah! Perubahan rutinitas sekecil apa pun dapat menggembirakan hati. Mengubah stasiun radio, ganti waktu mandi Anda, atau beli surat kabar yang berbeda.   
  10. Jauhkan stres. Itu berarti belajar untuk tidak memikirkan masalah-masalah di luar kemampuan Anda. Konsentrasikan diri pada hal-hal yang dapat Anda atur
Sumber : http://knowing-earth.blogspot.com/2011/10/10-cara-mengatasi-kelelahan.html

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar